Microsoft Office / LibreOffice untuk Secretary – Deskripsi:
Paket MS Office / LibreOffice for Secretary ini sengaja dirancang untuk memenuhi kebutuhan SDM perkantoran modern – khususnya dalam membekali tugas-tugas kesekretarisan yang banyak menggunakan aplikasi Office. Baik yang berbasis MS Windows maupun yang berbasis Open Source.
Hal ini perlu dilakukan, karena banyak para lulusan SMA/SMK yang berminat untuk bekerja di perkantoran tetapi masih minim skill mereka di bidang aplikasi office. Demikian juga para Junior Secretary – kebanyakan di antara mereka yang selama ini sudah terbiasa menggunakan aplikasi itu, hanyalah sebagai pengganti mesin ketik saja. Padahal banyak sekali fitur-fitur dalam aplikasi itu yang dapat memudahkan pekerjaan sehari-hari. Mulai dari penggunaan internet, pengaturan perjanjian dan agenda kerja, pembuatan dan pengiriman email, surat menyurat, makalah, proposal, lembar kerja elektronik & aplikasi database, sampai pada cara membuat dan mempersiapkan slide presentasi secara profesional.
Tujuan:
Setelah mengikuti training MS Office/LibreOffice for Secretary ini, setiap peserta diharapkan memiliki kemampuan:
- Dalam menggunakan Internet. Mulai dari pembuatan account email, pengiriman email, attachment, messages filters.
- Memanfaatkan MS Outlook atau Evolution Mail untuk pengelolaan Mail, Contacts, Calendars, Tasks, & Memos.
- Menggunakan aplikasi office (WordProcessor, Spreadsheet, Presentation) secara baik, benar dan praktis, dengan memanfaatkan lebih dari 80% menu yang ada di dalam MS Office atau LibreOffice.
Untuk mencapai tujuan tersebut, semua pelatihannya dirancang dalam bentuk pemecahan kasus dalam pekerjaan sehari-hari (by project).
Siapa yang seharusnya mengikuti Microsoft Office / LibreOffice untuk Secretary?
- Para lulusan SMA/SMK yang akan membekali dirinya dengan keterampilan di bidang kesekretarisan dalam menggunakan aplikasi Office.
- Para Junior Secretaries yang akan meningkatkan kompetensinya dalam penggunaan aplikasi pekantoran MS Office atau LibreOffice guna memudahkan pekerjaan kesekretarisan sehari-hari.
- Para pegawai Perkantoran, Tata Usaha Sekolah, Yayasan dll. Yang akan meningkatkan kompetensinya dalam bindang Aplikasi Office.
Prasyarat:
Agar mendapatkan hasil yang maksimal dari kelas ini maka para peserta sebaiknya:
- Sudah mengenal komputer
- Dapat bekerja menggunakan komputer aplikasi Office – baik yang berbasis MS Windows ataupun Linux
- Memiliki minat untuk berkembang menjadi profesional di bidang kesekretarisan dan perkantoran modern.
Durasi :
24 jam
Pokok Bahasan:
- Mengorganisasikan dokumen, Penggunaan Desktop, Mail Client & Internet
- Penggunaan Pengolah Kata (LibreOffice Writer/MS Word) secara konfrehensif & terpadu.
- Penggunaan SpreadSheet secara holistik (LibreOffice Calc/MS Excel)
- Penggunaan & Pembuatan slide presentasi secara profesional (LibreOffice Impress / MS PowerPoint)
Semuanya Full Praktek dalam bentuk studi Kasus
Untuk Diketahui:
- Sekretaris adalah sebuah profesi administratif yang bersifat asistensi. Predikat ini merujuk kepada sebuah pekerja kantor yang tugasnya ialah melaksanakan perkerjaan rutin, tugas-tugas administratif atau tugas-tugas pribadi dari atasannya. Tugas utamanya adalahi mengetik, penggunaan komputer dan pengaturan agenda